Revolusi Mental Nan Masuk Akal

995066_10204315328869033_2133699839917828134_n

Multi Performance untuk Acara Multi Religi di sebuah Undangan

BATAM, Pintu Perubahan. Hingar bingar demokrasi dengan tingkat partisipasi aktif masyarakat yang semakin dilibatkan dalam transisi satu Pemerintahan, secara berdentuman bergelayut membawa misi dan kapasitasnya masing-masing oleh multi-institusional formal dan informal di Negara kita. Alhasil dengan aksentuasi dan upaya pembenaran masing-masing tersebut setidaknya membawa sistem demokrasi yang semakin baik dan semakin dewasa dengan saling menghargai, semangat kompetisi yang jujur dan adil dengan pelengkapan berebagai instrumen pendukung baik di lembaga Eksekutif, Legislatif apalagi pada institusi penegak hukum atau yang terbiasa dipanggil segmen Yudikatif.

Membahananya multiplier effect dari denominasi-denominasi akal sehat yang dominan dalam berbagai bidang, telah membawa perubahan segar akan tegaknya sistem ketatanegaraan, ketatakelolaan bahkan ketatalaksanaan penugasan amanah sesuai dengan tata krama atau kode etik yang dijunjung tinggi. Semangat inilah yang kiranya dapat dilihat, dicatat, dirumuskan, diingat dan diwujudkan dalam berbagai denyut jantung kehidupan masyarakat mulai dari tingkat yang paling rendah seperti rumah tangga dan rukun tetangga/ rukun warga sampai tingkat yang paling tinggi di tingkat senator senayan yang menamakan dirinya DPR, DPD dan MPR.

Dalam perjalanan sejarah kearah perbaikan dan kebaikan tersebut seluruh elemen bangsa berada pada komposisi masing-masing. Ada yang berada pada posisi yang sebenarnya menjalankan amanah yang diembannya, adapula yang berada diposisi yang dipaksakan untuk melaksanakan misi tertentu disamping misi mulia (jika ada) serta elemen bangsa yang berada diposisi terpaksa untuk menerima gelombang kehidupan yang datang silih berganti. Dibumbui pula dengan elemen bangsa yang tau dan mau mengatakan dan bergerak untuk meraih yang hakiki disamping pihak yang tau tetapi tidak mau berbuat apa-apa serta bergandengan dengan orang yang tidak tau tetapi mau berada dalam posisi yang sebenarnya. Ditambah dengan kaum yang tidak tau dan tidak mau pula beranjak dari situasi dan keadaan yang dihadapinya dalam konteks kekiniannya.

Dibutuhkan kepemimpinan yang mampu menentukan arah JELAS, strategi yang PAS dan tindakan yang TEGAS untuk meraih mimpi masyarakat yang PUAS akan kehidupannya. Orang tersebut sebenarnya sudah ada disekiling kita, atau bahkan yang dibutuhkan tersebut adalah kita sendiri, untuk itu perlu penerawangan (daya jelajah) yang luas, fokus penglihatan yang tajam (fokus) serta rasa yang responsif untuk menemukannya.

Presiden sebagai pemimpin tertinggi sudah didapatkan, para pemimpin lainnya sudahpun menyesuaikan dengan gaya dan arahan sang Presiden untuk menjadi lebih baik. Pemimpin dalam berbagai tingkatan yang lebih rendahpun sedang bergeliat mencari-cari formula supaya sinkronisasi perubahan mental yang selama ini menurut kita baik akan tetapi belum mampu memberikan yang terbaik bagi kita menjadi sebuah sikap, prilaku dan etos kerja yang baru, yang lebih cepat, lebih tegas, lebih mendengar, lebih fokus, lebih transparan serta kebolehan dan kelebihan lainnya untuk meraih cita-cita bersama sebagai warga Bangsa yang berdaulat, berkeadilan, dan bermartabat disemua komposisi warga Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan Dari Miangas sampai Pulau Rote……


Awali hari dengan senyum… Menyambung Kata dengan Gurauan

Bekali Diri dengan semua nan harum…. Yakinlah Dapat Yang Sepadan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: