Peta Potensi Wisata Galang Yang Layak Untuk Ditumbuhkembangkan

Jembatan 5 Barelang ONE_3791PINTUMASADEPAN – Kebanyakan orang mengetahui dan memahami posisi sentral lagi strategis yang disumbangkan gugusan Pulau Galang terhadap issu kemanusiaan lintas negara. Tidak tanggung-tanggung, disaat beberapa Negara menolak kehadiran para manusia perahu asal Negara Vietnam yang sedang bertikai ketika itu, Pemerintah Indonesia memberikan salah satu pulau yang saat ini telah terhubung oleh 6 buah jembatan dari Batam tersebut sebagai tempat penampungan sementara sambil menunggu negara ketiga selanjutnya yang akan menerima mereka atau kembali ke negara asalnya.

UNHCR selaku institusi internasional yang menangani pengungsi lintas negara juga telah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas jasanya tersebut dan Pulau yang saat ini menjadi sebuah Kecamatan diantara 12 kecamatan yang ada di daerah otonom Batam dan sejalan dengan apresiasi tersebut pula sudah selayaknya dapat kita angkat dan promosikan sebagai salah satu potensi wisata di dunia.

Dalam beberapa kesempatan, Walikota Batam telah menegaskan komitmennya untuk melakukan pemeliharaan terhadap potensi wisata tersebut dengan koordinasi dengan pihak Otorita Batam sebagai pihak yang diserahi wewenang oleh pemerintah pusat (Deplu) untuk mengurus ex-sinam tersebut dan hasilnyapun sangat menggembirakan kita semua dengan komitmen yang tinggi oleh OB dalam mengelola kawasan wisata tersebut.

Tidak jauh dari kawasan ex-sinam tersebut juga terdapat pemukiman penduduk yang telah turun temurun tinggal dan menetap disana tepatnya di kelurahan Sijantung. Nah, kawasan pemukiman penduduk ini juga sebenarnya memiliki potensi untuk dipaduserasikan dan ditumbuhkembangkan menjadi sebuah desa wisata atau kampung wisata sebagai alternatif tujuan wisata selain ex-sinam dan pantai melur yang tidak terlalu jauh dari kawasan tersebut.

Potensi lain yang sangat menggembirakan sekitar 200 meter dari pemukiman penduduk tersebut dibangun jembatan 5 Barelang yang dibawahnya memiliki panorama alam yang sangat indah yang kalau ditatakelolakan secara baik menjadi sebuah kawasan persinggahan yang sangat sejuk dan menjanjikan bagi wisatawan setelah penat melakukan perjalanan ke berbagai obyek wisata yang ada sekitar wilayah Sijantung tersebut.

Saya yakin masih banyak potensi lain yang perlu dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu dan memberikan alternatif bagi para wisatawan yang menjatuhkan pilihannya melancong dan berlibur di Batam.

(*titan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: