Saya Anak Indonesia, Kreatif, Inovatif dan Unggul Hadapi Tantangan Masa Depan

Hari Anak Nasional 2009 2IMG_1808BATAM – Sudah menjadi sebuah moment bersejarah dan strategis dengan ditetapkannya tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN) diseluruh pelosok Nusantara. Terlebih jika momen khusus tersebut sengaja didedikasikan bagi anak-anak Indonesia sebagai tunas bangsa potensial sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang didukung oleh peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi Bangsa dan Negara di masa depan.

Sebagai Kepala Daerah yang tidak ingin masa depan anak-anak di Batam tidak terarah, Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang mempunyai kenangan manis semasa anak-anak dulu di Batu Besar, senantiasa memberikan perhatian dan apresiasi kepada anak-anak yang masih dalam pertumbuhan dan dalam proses mencari jati dirinya sehingga proses pembentukan karakter yang sepatutnya dapat ditransfer secara positif dengan nilai-nilai keberadaban dan kebangsaan yang ada sebagai bagian dari anak bangsa Indonesia.

Untuk tahun 2009 ini, Wako Batam telah mengeluarkan Keputusan Walikota Batam Nomor: KPTS.223/HK/VII/2009 tentang Pembentukan Panitia Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Batam tahun 2009,  dalam rangka memberikan apresiasi kepada anak Indonesia khususnya yang di Batam.

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam selaku koordinator dalam perhelatan acara anak-anak ini telah mempersiapkan berbagai acara dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang pada tahun ini peringatan HAN tingkat Provinsi Kepri dipusatkan di Batam tepatnya di kawasan Mega Wisata Ocarina Batam Centre.

Tema peringatan tahun ini “ Saya anak Indonesia kreatif, inovatif dan unggul untuk menghadapi tantangan dimasa Depan” menjadi sebuah semangat baru sehingga anak Indonesia tidak hanya berkutat dengan masalah yang ada saat ini, akan tetapi juga telah mau dan mampu memikirkan masa depan bangsa ini yang pada gilirannya nanti berada di tangan anak Indonesia sendiri.  Segala masalah yang bisa terselesaikan akan menjadi percuma kembali jika generasi yang akan datang tidak bisa memeliharanya.

Agar setiap anak kelak mampu memikul tanggung jawab menjamin kelangsungan bangsa dan negara, maka anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial berakhlak mulia dan perlu dilakukan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan akan hak-haknya serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi.

Rangkaian acara dimulai tanggal 19 Juli 2009 dan Puncak dari peringatan HAN tanggal 23 Juli 2009 dengan 2000 anak bertempat di Ocarina tersebut akan mengangkat berbagai kreatifitas anak dengan peserta Paud dan TK bertempat di BCS Mall tanggal 19-21 Juli, seminar anak dilaksanakan pada tanggal 22 Juli di Vihara Maitreya, Sie Panas dengan peserta 300 anak SMP dan SMU. Bakti sosial dengan mengunjungi rutan anak, lapas, Panti Asuhan Bina Umah dan Panti Asuhan di Setokok dengan 30 anak peserta dari panti dan rumah singgah. Forum konsultasi Anak yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 Juli di Planet Holiday Hotel dengan keikutsertaan sebanyak 30 anak.

Anak merupakan generasi penerus bangsa dan umat masa depan yang ditangan mereka pulalah kemajuan bangsa dan negara kelak ditumpukan. Namun keprihatinan atas kemerosotan moral akibat pengaruh teknologi dan komunikasi, dan juga beberapa pengaruh negatif, seperti penyalahgunaan internet dan situs porno, pergaulan bebas antarpelajar, peredaran narkoba di lingkungan pelajar, dan perkelahian antarpelajar masih menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk mengatasinya. Mari kita bantu anak-anak Indonesia menjadi Anak Indonesia kreativitas, inovatif dan unggul.

(*titan)

2 Comments »

  1. Saung Web Said:

    Semoga.. karena masa depan ada ditangan mu ananda..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: