Engku Putri, Wajah Kota Yang Diidamkan ‘Elok dan Teduh’

maket-dataran-engku-putri1 Posisi Geografis Batam dalam grafis BATAM : Masih teringat jelas dalam ingatan, sewaktu masih ada kesempatan singgah ke kota2 besar di Indonesia atau jika kita berkunjung ke suatu daerah di kota-kota tua atau kota besarlah jika tidak ingin dikonotasikan kuno, pasti ada ikon atau tempat bersejarah kah namanya atau tempat berkumpulnya warga kota tersebut atau bahkan tempat/arena konser2 pemusik papan atas di negeri titipan para ‘founding fathers’ kita ini.

Bandung misalnya dengan Gedung Sate yang didepannya juga terbentang alun-alun Kota Kembang sebagai tempat warga beraktivitas dan berolahraga santai. Kota Padang dengan Jam Gadang sebagai titik sentral kota Padang di sumatera Barat. Lain hal nya dengan Djogdja dengan alun-alun serta keraton yang kental dengan peninggalan sejarah. Kota Medan dengan Istana Maimunnya yang juga dipadu dengan alun-alun yang memanjakan para pengunjungnya dengan fasilitas taman nan asri dan lampu hias nan  artistik.

Nah, kita kembali kepangkuan Bumi Hang Tuah di Batam. Nyaris tak ada tempat yang mewakili lambang supremasi keunggulan Batam ataupun  sebagai prototype Batam dalam kapasitasnya destinasi industri dan pariwisata.

Dari beberapa perhelatan akbar yang digelar di Batam, memang kalau tidak di dataran Engku Putri yah di Stadion Temenggung. Dua tempat ini sebenarnya berpotensi sebagai embrio lahirnya sebuah ikon baru di Batam. hal ini tentu perlu sentuhan tangan-tangan professional, artistik dan menghargai budaya lokal sebagai perpaduan yang menarik dalam ikon tersebut.

Engku Putri mempunyai aksesibilitas yang sangat mudah bagi masyarakat Batam maupun masyarakat luar negeri karena posisinya yang strategis berada di Core bisnis Batam Centre serta mempunyai akses langsung alias tanpa naik angkutan dari pelabuhan internasional batam Centre bagi anda pengunjung yang berasal dari Singapura dan Malaysia.

Ibarat, seorang gadis yang beranjak dewasa, Dataran Engku Putri perlu pembenahan, sentuhan teknologi digital sehingga perpaduan nya menjadikan Alun-alun Engku Putri batam Centre ini menjadi ikon baru Kota Batam yang terbuka buat siapapun dan kapanpun. Semoga…!

(*)

3 Comments »

  1. Antoni Said:

    Pingin rasanya ada sebuah pentas seni di dataran engku putri yg lengkap dengan alat2 musiknya, kan enak nongkrong sambil dengerin musik2 anak batam,

    he he he… ma kasih atas kunjungannya mas Antoni.
    Mudah2an konsep kawasan terbuka dan terpadu boleh diwujudkan secara bergandengan tangan antara Pemko batam dengan para wirausaha yang ada di batam lah. Harapan kite juga sih… Ma kasih ya…

  2. Semoga terwujud… Engku putri juga jadi ajang tempat rapat/konfrens gratis kan mantep tuh ;)

  3. Mr Bin Said:

    Setiap tahun maunya diadakan Pesta budaya di Lap Engku Putri yaa


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: