BATAM MUSIC PERFORMANCE

Musik untuk Tingkatkan Kunjungan Wisata

BENGKONG  (26/10) : Dalam rangka memenuhi target tujuh juta Wisman yang dicanangkan Visit Indonesia Year 2008 2008, Depbudpar menggelar sejumlah acara di wilayah perbatasan, seperti Batam dan Entikong. Salah satu acara yang digelar di Batam adalah Batam Music Performance yang berlangsung 26 Oktober 2008 kemarin di Golden View Hotel, Batam.Batam Music Performance merupakan acara yang ditaja dalam bentuk hiburan musik serta tari-tarian Melayu sebagai kesenian tradisional di Batam serta menghadirkan artis dari Singapura, India dan Malaysia.

Fakhri Rahman, Kasubdit promosi Tujuan Wisata I, Depabudpar RI, mengatakan acara ini digelar untuk meningkatkan hubungan bilateral kita dengan Singapura dan malaysia dalam bidang kesenian dan budaya serta meningkatkan inovasi dan kreasi musik kawula muda, kata Fakhri.

Turis yang datang dalam acara tersebut berkisar 600 orang yang umumnya berasal dari Singapura dan Malaysia yang melakukan kegiatan long weekend di Batam, lanjutnya lagi.

Acara ini terlaksana sebagai wujud kerjasama Depbudpar dengan Batam Tourism Board dengan pihak swasta seperti ASITA Batam. Event ini sejatinya juga menjadi salah satu media promosi bagi Indonesia.

Batam selama ini, tercatat sebagai pintu masuk wisatawan terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta. Tahun lalu, turis yang berkunjung ke Batam mencapai 1, 08 juta orang dan tahun ini ditargetkan sebanyak 1,2 juta orang.

Secara umum, kunjungan wisman ke Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada triwulan pertama (Januari- Maret) jumlah kunjungan telah mencapai 1,4 juta orang, naik sebesar 15,68 persen pada periode yang sama pada tahun 2007. Sedangkan wisatawan Nusantara (Wisnus) yang melakukan perjalanan (mobilisai) wisata tahun 2008, ditargetkan sebanyak 223 juta orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: