Batam dapat Penghargaan Adiupaya dari Presiden RI

Sebagai Pengelola Pembangunan Perumahan dan Pemukiman Terbaik

NUSA DUA, Bali – Tepat pukul 19.00 WITA malam ini (31/10), bertempat di Hotel Ayodya Nusa Dua Bali, Walikota  Batam, Ahmad Dahlan menerima penghargaan sebagai salah satu Kepala Daerah yang telah berhasil mengelola pembangunan Perumahan dan Pemukiman terbaik bersama 9 daerah lainnya di Indonesia, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, Bapak Dr. Susilo bambang Yudhoyono.

Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri yang mendampingi Walikota menyebutkan, Batam meraih nilai tertinggi pengelolaan kawasan perumahan permukiman dibanding dua nominator lain, yaitu Bandung dan Tangerang. Selain itu, Batam juga meraih nominasi ke-2 dari Kementerian Perumahan Rakyat untuk kategori pengelolaan rusun terbaik dari 10 nominator.

Ada dua poin utama yang dinilai sebelumnya sehingga Batam meraih nilai bagus, pertama pola gusur-bangun yang selama ini dilaksankan secara terpadu. Pemko Batam didukung semua unsur dalam Tim Terpadu Kota Batam, menggusur pemukiman bermasalah di satu lahan dan membangun rumah susun (rusun) di kawasan itu kembali dengan memberikan keutamaan kepada warga yang tergusur untuk mengisi Rusun tersebut. Kedua, Pemko Batam punya data (maping) dan perkembangan rusun serta kawasan pemukiman perumahan yang sudah tersusun dalam database yang computerized bahkan terpublikasikan dalam situs Pemko Batam, lanjut Yusfa.
Mengingat perkembangan Batam yang sangat pesat serta berbagai permasalahan yang dihadapi, maka pembangunan rumah susun sewa diprioritaskan kepada masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja, dan warga hinterland. Dalam penyediaan infrastruktur tersebut juga, Pemko tetap memperhatikan kelayakan huni dan tidak memberatkan para penghuninya. Kedepan juga, Pemko sudah mewacanakan akan membuat Perda yang mengatur dan mengarahkan agar pemukiman di Batam dibuat dengan sistem bangunan vertikal atau bertingkat untuk mengantisipasi keterbatasan lahan.
Selain rusunawa, juga dalam waktu yang tidak terlalu lama, REI pusat akan membangun enam rusun milik (rusunami) di Batam Centre. Penyediaan lahan sejak awal telah disiapkan Otorita Batam  sebanyak 36 hektare dan selanjutnya prosesnya  pada pengurusan fatwa planologi dari OB. Kewenangan Pemko dalam pemberian izin akan dibantu sesuai dengan aturan yang ada sehingga tidak mengalami kendala,” katanya.

(*titan)

1 Comment »

  1. […] Batam dapat Penghargaan Adiupaya dari Presiden RI October 31, 2008 11:47 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://pintubatam.wordpress.com/2008/10/31/batam-dapat-penghargaan-adiupaya-dari-presiden-ri/ […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: