Berharap Sukses Asian Beach Games jadi Sport Tourism Branding

Jelang Visit Batam 2010

DIANTARA BATAM & BALI – Dalam tiga pekan terakhir, perhelatan akbar se Asia yang digelar di Bali dengan tajuk Asian Beach Games (ABG) usai sudah.  Even yang diikuti 45 negara-negara Asia dan berlangsung sejak pertengahan bulan Oktober tersebut secara resmi ditutup di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Ungasan, Bali pada malam 26/10 yang lalu dengan tercatatnya tuan rumah Indonesia mengukir sejarah sebagai tuan rumah pertama dan sekaligus menjadi juara umum.

Acara penutupan pun dikemas dengan semarak dengan ciri khas Bali  sebagai kota Internasional serta mengemas berbagai penampialan seni dan budaya Negara – Negara Asia dengan diawali penampilan instrument musik dari negara Timur Tengah yang merupakan penyambutan kepada Kota Muchat, Oman, sebagai tuan rumah ABG 2010 mendatang.
Tibalah mement paling mengesankan dengan penampilan budaya Nusantara seperti  tari sedati mewakili Pulau Sumatera, tari papatai dari Kalimantan, tari pagelu representasi Pulau Sulawesi, tari reog yang mewakili Jawa, tari pancang pedang melambangkan Papua, serta tari rejon yang merupakan corak budaya dari Pulau Dewata Bali.
Pada sesi penutupan ABG tersebutpun, Wapres RI, H. Jusuf Kalla mengungkapkan kebanggaannya atas kesuksesan panitia dalam mengemas event internasional serta menjadikan para peserta sebagai tamu terhormat, serta menyampaikan terima kasih serta salam perdamaian lewat olah raga kepada seluruh Negara peserta ABG tersebut.

Dia juga memberikan apresiasi bagi perjuangan keras para atlet Indonesia sehingga mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Sukses sebagai juara umum ABG diharapkan berlanjut di even-even internasional selanjutnya.
Beberapa sambutan lainnya juga seperti, Timothy Fox, Wakil Presiden Olympic Council of Asia (OCA), mengungkapkan rasa salutnya atas antusiasme publik terhadap even tersebut serta sentuhan tangan-tangan professional dalam penyelenggaraan even tersebut.
Dengan kata lain, even ini sudah mampu menyentuh dunia internasional sebagai event baru serta berpeluang menjadi satu branding olahraga yang mampu menggerakkan dunia kepariwisataan baik Negara-negara Asia sebagai peserta lomba maupun negara-negara lainnya diseantero dunia.
Apa yang dapat kita ambil dalam menunjang Visit Batam 2010? Banyak hal yang sepatutnya dapat kita terapkan di Batam ini. Mulai dari publikasi yang brosing lintas media. Bahkan ESPN yang notabene memiliki saluran internasional nan up to date dengan kategori-kategori News yang berbobot  mampu ditembus panitia ABG untuk publikasi games ini yang seakan mengingatkan para pemirsa akan kerugian yang didapat bila tidak menyaksikan secara langsung event internasional tersebut. Hal-hal lainnya sudah tentu banyak lagi…. tapi kayaknye di tulisan yang lain ajah yah…

1 Comment »

  1. […] Berharap Sukses Asian Beach Games jadi Sport Tourism Branding October 27, 2008 2:21 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://pintubatam.wordpress.com/2008/10/27/berharap-sukses-asian-beach-games-jadi-sport-tourism-bran… […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: