Pembangunan LPJU salah satu Infrastruktur jelang FTZ Batam

Salah satu hasil Jepretan Fotografer Walikota Batam (f : i-one)

BATAM – Ditunjuknya Dewan Kawasan dan Badan Pengusahaan FTZ Batam, Bintan dan Karimun pada tahun 2008 ini menjadi acuan berbagai upaya penyiapan berbagai infrastruktur di Kota Batam. Posisi strategis yang dimiliki Batam dan mempunyai peran aksesibilitas terhadap daerah Bintan dan Karimun menjadi faktpr penting di kawasan perdagangan bebas tersebut.

“…para pengunjung serta Investor maupun calon Investor sangat berharap dengan ketersediaan lampu jalan yang akomodatif di berbagai sudut Kota Batam sehingga sudut Kota akan terlihat terang benderang…”

Salah satu infrastruktur yang sudah sejak lama direncakan adalah ketersediaan penerangan jalan umum yang diupayakan tahun 2009 akan terang benderang tanpa adalagi jalanan yang gelap gulita di waktu malam. Kegiatan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebanyak 5.500 titik di seluruh ruas jalan protokol dan arteri di berbagai sudut Kota Batam. Pengadaan LPJU ini sudah dianggarkan sejak tahun 2007-2009 dengan system multi years, dan ditargetkan sudah siap dibangun tahun 2009. Kondisi saat ini  hampir diseluruh jalan-jalan protokol sudah dipasang pondasi tiang lampu jalan yang tinggal memasang tiangnya lampunya.
Walikota Batam dalam beberapa kesempatan juga telah menekankan target penyelesaian LPJU tersebut sehingga masyarakat Batam dapat menikmati dampaknya. Kita memahami kondisi ketenagakerjaan di Batam yang disusun dalam 3 shift mulai pagi sampai malam hari. Untuk itu ruas-ruas jalan yang masih gelap dan menjadi potensi sumber permasalahan dalam aksesibilitas transportasi dapat diatasi dengan terbangunnya LPU baru menambah yang sudah ada sebelumnya.
Pengadaan LPJU ini mencakup di Jalan Hang Tuah sepanjang 7,1 km mulai dari Bandara Hang Nadim sampai ke Batubesar. Selanjutnya Jalan Pattimura 8,3 km mulai bundaran Simpang Punggur sampai ke Telaga Punggur. Kemudian Jalan  Hang Kesturi sepanjang 8,2 km dari persimpangan Taiwan Park ke Batubesar.
Selanjutnya Jalan Hang Jebat  7,4 km mulai dari Batubesar sampai Nongsa. Kemudian lampu jalan depan UIB ke Baloi, Jalan Diponegoro 8,6 km sampai ke Jalan Brigjen Katamso, Simpang Sei Harapan sampai ke Bundaran Tanjung Uncang,  Jalan Suprato 10,8 km dari Mukakuning ke Simpang Base Camp, Jalan ke arah Jembatan I sepanjang 8,2 km, dan Jalan S Parman 8,2 km dari Mukakuning ke Piayu Laut yang menggunakan APBD Batam dengan sistem jamak sebesar Rp 75 miliar.
Masyarakat Batam, para pengunjung serta Investor maupun calon Investor sangat berharap dengan ketersediaan lampu jalan yang akomodatif di berbagai sudut Kota Batam sehingga sudut Kota akan terlihat terang benderang yang mempunyai dampak terhadap penurunan aksi kriminal di jalan gelap, penurunan angka kecelakaan serta penampilan tata kota yang menarik baik siang maupun malam harinya.

2 Comments »

  1. […] Pembangunan LPJU salah satu Infrastruktur jelang FTZ Batam October 6, 2008 3:43 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://pintubatam.wordpress.com/2008/10/06/pembangunan-lpju-salah-satu-infrastruktur-jelang-ftz-bata… […]

  2. Mr Bin Said:

    Udah 5 tahun didengungkan FTZ sampai sekarang tidak terlaksana,
    ikuti seminar tentang FTZ selama 5 taon ini udah lupa ngitungnya pokoke berkali kali deh.. buang energi dan buang duit aje…

    Inilah emank ciri khas tulang ku yang satu ini… Ceplas -ceplos aje dan apa yang disampaikannya itulah yang benar. Tapi tulang kita tak boleh patah arang, hasil perjuangan itu sudah didepan mata, tgl 19 jan 09 kemarin Bapak Bangsa, Presiden SBY sudah me-launching FTZ tersebut. Mari kita songsong dan manfaatkan peluang yang ada sesuai dengan bakat dan bidang kita masing2. ma kasih tul udeh mampir.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: