ABDI PRAJA DITENGAH PENGABDIANNYA

*Indahnya Ngumpul Bersama Mengenang Masa Pendidikan Doeloe

BATAM : Mengenyam dunia pendidikan kepamongprajaan penuh dengan peluh, keluh, tangguh, berilmu bahkan kekeuh sampai kambuh pun telah dijalani setiap insan yang sebutannya setelah menyelesaikan pendidikannya di lembah Manglayang ataupun di lembah candra dimuka bagi yang masih di sekolah Kepamongan di 20 Provinsi di Indonesia.

“…kiranya eksis dan komit dalam melayani masyarakat, senantiasa mengedepankan sensitivitas sosial yang tinggi…”

Batam sebagai salah satu tempat mengabdi para Abdi Praja tersebut, mempunyai kekerabatan yang sudah barang tentu ‘inclusive’ alias terbuka dengan semua pihak dalam wadah Forum Komunikasi Abdi Praja Kota Batam. Dalam wadah inilah berbagai kegiatan dilaksanakan disamping pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang ditempatkan dilevel paling bawah struktur pemerintahan sampai yang tingkat atas.

Kebahagiaan para Abdi Praja ditengah tugas rutinnya sehari-hari tersebut sangat terasa dalam acara Buka Puasa Bersama Forum Komunikasi Abdi Praja Kota Batam kemarin Rabu (17/9) bertempat di Hotel Planet Holiday, Sei Jodoh dengan kehadiran seluruh anggota FKAP Kota Batam yang bertugas di mainland maupun hinterland yang memboyong keluarganya masing-masing. Lebih istimewa lagi, acara silaturahmi tersebut dengan kehadiran Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam, Ir. Ria Saptarika selaku pembina forum komunikasi tersebut.

Ketua Harian FKAP Kota Batam, H. Syamsul Bahrum, Ph.D, dalam sambutannya mengungkapkan kerinduan para alumni pamong praja di Kota Batam dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Batam untuk dapat bergurau senda serta bersilaturahmi dalam kondisi yang santai, sehingga diadakanlah acara ini. Dan dalam penugasan para alumni Pamong Praja di Kota Batamsebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat, kami senantiasa mengacu pada kebijakan dan arahan Pimpinan yaitu Walikota dan Wakil Walikota Batam.

Untuk itu, pada kesempatan ynag berbahagia ini mohon arahan dan tunjuk ajar kepada kami para alumni pamong praja sehingga dalam aplikasi tugas,  kami tetap menjadi yang terbaik serta mengedepankan pelayanan prima dan senantiasa berkolaborasi dengan seluruh komunitas masyarakat Batam, katanya menyambut kehadiran Walikota dan Wakil Walikota Batam.

Sementara untuk kesekian kalinya, Walikota Batam, Ahmad Dahlan, yang senantiasa menghadiri acara-acara yang ditaja oleh para alumni APDN, STPDN, IIP dan IPDN tersebut, dalam sambutannya mengaku sangat terkesan dengan peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Raya Batam Centre sehari sebelumnya. Dalam tausiah Nuzulul Qur’an yang dapat kita petik adalah peran Al-Quran sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pedoman hidup Islami yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, katanya seraya mengutip penyampaian tausiah sehari sebelumnya.

Demikian juga halnya dengan FKAP Kota Batam sebagai orang-orang pilihan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari untuk kiranya eksis dan komit dalam melayani masyarakat, senantiasa mengedepankan sensitivitas sosial yang tinggi serta hendaknya memainkan perannya masing-masing sebagai pelayan masyarakat yang professional atau pamong praja yang berilmu pengetahuan, lanjutnya lagi.

Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika, juga didaulat memberikan sekapur sirih yang dengan singkat, padat dan jelas serta senyum yang sumringah menagih janji yang pernah diutarakan para alumni Pamong Praja tersebut terkait loyalitas dan pengabdian para alumni pamong yang tidak perlu diragukan lagi, katanya disambut tepuk tangan para alumni dan keluarga yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah sambutan tersebut, Walikota Batam didampingi Wakil Walikota, H. Syamsul Bahrum, H. Raja Supri memberikan santunan kepada 50 orang anak yatim. Suasana silaturahmi menjelang buka puasa bersama tersebut semakin khusuk dengan siraman rohani yang dibawakan oleh Ustadz dengan thema memaknai simbol-simbol sebagai sesuatu rahasia Ilahi. Tampak juga hadir  para alumni senior H. Muramis, H. Azwan, H. Raja Supri, H. Guntur Sakti, H. Zulhendri, Hj. Rosdyana, H. Achmad Arfah, Hj. Nurul Iswahyuni, Hj, Dece Awidaria serta alumni yang lebih junior tampak Nurzalie, Leo Putra, Rudi Titan, Indra dan yang lainnya bersua seraya mengingat di lembah Manglayang dibawah dinginnya udara pagi dan panasnya terik mentari serta panas-dinginnya ‘Apel Malam’ yang menghantarkan para Abdi Praja tersebut siap ditempatkan dimana saja di wilayah NKRI.

(*titan)

5 Comments »

  1. […] ABDI PRAJA DITENGAH PENGABDIANNYA September 19, 2008 11:17 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://pintubatam.wordpress.com/2008/09/19/abdi-praja-ditengah-pengabdiannya/ […]

  2. Farhan Said:

    Bos… Mantap Abdi Praja si Batam!!

    Btw. kalo bekenan sile kunjung blog saye boss :D

    Salam

  3. Dari pintu ke pintu, membaca ketegori diatas mengingatkan sy dengan judul lagu Ebit G Ade.

    Rupamya Bang Rudi alum STPDN juga ya?

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Dari Pintu ke Pintu, membaca ketegori diatas mengingatkan sy dengan judul lagu Ebit G Ade.

    Rupamya Bang Rudi alumi STPDN juga ya?

    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. pintubatam Said:

    Ma kasih Pak Ria, Pimpinan dan sekaligus inspirator kami yang lagi belajar IT. Iya pak saya selesai dari jatinangor tahun 99. Oh iya pak… anak2 STPDN keren-keren kan pak yah…. (he he he…just kidding). Tapi lebih keren en beken Pak Ria kali yah


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: