BATAM, PINTU (nya) INDONESIA

BATAM : LETAK geografis Kota Batam yang berada di pintu perdagangan dunia, selain mempunyai dampak ekonomi, budaya, politik, keamanan, juga mempunyai pengaruh dalam pergeseran penduduk dalam jumlah yang cukup besar terutama di saat-saat menghadapi event hari-hari besar seperti Idulfitri, tahun baru maupun yang lainnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, termasuk salah seorang Kepala Daerah yang sering melontarkan situasi dan kondisi ini sebagai sesuatu hal yang perlu diantisipasi secara dini dengan melakukan berbagai terobosan-terobosan baru di samping menjalankan aktivitas kesehariannya sebagai Walikota di Bandar dunia Madani tersebut.

Langkah antisipatif dapat dilihat, saat beliau memimpin rapat pembahasan arus mudik dan balik dalam rangka menyambut hari raya Idulfitri 1429 H di kantor Walikota Batam. Dalam rapat  yang digelar pada saat umat Islam menjalankan Ibadah puasa tersebut, mengundang kehadiran berbagai kalangan seperti pengelola bandara udara Hang Nadim, pengelola Syah Bandar pelabuhan Intenasional dan domestik serta Dinas perhubungan Kota Batam selaku instansi yang membidangi lalu lintas orang dan barang di Batam. Berbagai kalangan yang hadir memprediksikan akan terjadi lonjakan penumpang sebesar 15 – 20 persen dari total arus mudik tahun lalu.

Berbagai persiapan telah diantisipasi jauh-jauh hari termasuk pengurusan ijin penerbangan ‘extra-flight’ dengan penerapan 24 jam pelayanan jika benar-benar dibutuhkan  dan tergantung permintaan penumpang yang ada, kata Aris Muajib yang mewakili pengelola Bandara Hang Nadim.

Sementara Siswandi, selaku manajer operasional PT Pelni Batam, mengatakan untuk mengantisipasi puncak arus mudik yang diperkirakan tanggal 27 September dari Batam tujuan pelabuhan Belawan dan 24 September tujuan Jakarta, PT Pelni akan menambah 1 unit KM Kambuna dengan kapasitas penumpang mencapai 3000 orang.

Selanjutnya untuk mobilitas arus mudik penumpang domestik regional dari dan ke pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur, menurut Insan Kamil, Kepala Pelabuhan Laut Otorita Batam, mengatakan telah melakukan langkah antisipasi mulai dari jam keberangkatan yang didahulukan  atau dipercepat mulai jam 04.30 dini hari sehingga 1 kapal dapat melayani 2 kali penyeberangan, lanjutnya.

Selain itu aspek palayanan di ruang tunggu sampai keberangkatan, keamanan, bahkan aspek-aspek keselamatan penumpangpun telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait seperti Poltabes Barelang, KPPP, Syahbandar, Perusahaan pelayaran, Pelra. INSA Batam, Pelni Batam, Ditpam Otorita Batam, Satpol Pamong Praja Kota Batam, Disduk & Catatan Sipil Kota Batam. Untuk itu perlu diperhatikan kepentingan keselamatan para penumpang disamping kepentingan bisnis para pengusaha.

Setelah memimpin rapat tersebut, dapat dipastikan bahwa daya tampung (coverage) Pelabuhan, Bandar Udara untuk arus mudik dan balik menjelang Lebaran cukup memadai dengan berbagai pembenahan teknis dan koordinatif dengan seluruh instansi terkait.

Untuk itu rapat koordinasi teknis silahkan direncanakan dan ditindaklanjuti, tegasnya seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi teknis yang telah menghadiri rapat tersebut.

Tim yang dibentuk tersebut dibawah payung hukum Surat Keputusan Walikota Batam sehingga koordinasi teknis dan administratif dapat terlaksana dengan baik sebelum, pada saat bahkan setelah lebaran tahun ini.

(*titan)

1 Comment »

  1. Nadia Said:

    salut dh buat kota batam :D walpun baru sekali berkunjung ke kota batam….tp bnyak sekali hal yg mengsankan d hati saya terkait kota batam…mulai dari penduduk nya yg multi etnis….namun budya tradisional msh ttp bisa berkibar di batam :D MAJU TERUS BATAM!!!!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: