INDAHNYA SAHUR BERSAMA DENGAN KAUM TERMARGINALKAN

Ups... Kompak jo bos yoo

Ups... Kompak jo bos yoo

BATAM CENTER : Pagi itu pukul 03.00 dini hari (07/09/08) di alun-alun Kantor Walikota Batam Center tidak seperti biasanya, sisi barat lapangan tersebut dipadati para petugas kebersihan yang berasal dari seluruh kecamatan di Kota Batam. Sementara disaat yang bersamaan juga kumandang ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan salah satu petugas Masjid Raya Batam Centre mulai terdengar disekitar dataran engku putri pertanda waktu sahur sudah mulai tiba untuk menyongsong puasa hari ketujuh keesokan harinya.

“…banyak orang yang memiliki indera dengan baik secara fisik akan tetapi kurang berfungsi dari sisi sensitivitas sosial, sehingga banyak kaum termarginalkan dalam kekurang mampuan mereka.”

Kehadiran para penjaga kebersihan tersebut bukanlah untuk melaksanakan tugas yang di amanahkan kepada mereka seperti menyapu jalan atau membersihkan parit di kawasan pusat Pemerintahan Kota Batam tersebut, melainkan memenuhi undangan para dermawan sebagai salah satu wujud kepedulian sosial dengan menggelar sahur bersama Wakil Walikota Batam, Manajemen Tribun Batam, PT. Indosat, PLN Batam, DSNI, Pocari Sweat, Mc Donald serta Radio Sing FM.

Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika yang terlihat sangat terkesan dan terharu dengan kehadiran para pahlawan Adipura yang sudah 2 tahun berturut-turut diraih masyarakat Batam, menyampaikan kebahagiaannya bersama para pahlawan Adipura Batam dalam acara sahur bersama yang digelar sangat sederhana dan humanis tersebut. Hal yang sangat luar biasa dengan terselenggaranya acara ini, selain kita juga mengamalkan ajaran agama Islam untuk saling membantu, hal yang tidak kalah pentingnya juga adalah menjalin tali silaturahmi diantara sesama ummat  tidak pernah memandang waktu, hal ini dapat kita rasakan saat ini dengan sahur bersama di dataran Engku Putri ini yang notabene merupakan waktu dini hari, ungkap Ria yang diaminkan seluruh yang hadir di acara tersebut.

Ria dengan ciri khasnya dalam menyapa para hadirin serta dermawan yang sudah menyumbangkan sebagian miliknya untuk mendukung acara tersebut, berharap kepada seluruh petugas kebersihan serta seluruh komponen masyarakat Batam, dengan prestasi Kota Batam meraih Adipura pada tahun ini, hendaknya dapat kita jadikan pemacu semangat untuk tetap menjaga, memelihara dan meningkatkan kebersihan di wilayah kita masing-masing sebagai wujud nyata kita orang yang beriman, katanya lagi.

Dari data panitia penyelenggara, jumlah petugas kebersihan yang hadir tersebut sebanyak 425 orang yang terdiri dari tim penyapu jalan sebanyak 200 orang, petugas pemelihara taman 60 orang, tukang angkut seperti sopir truk sampah dan kernet sebanyak 88 orang serta petugas penggali parit  sebanyak 77 orang.

Usman Hasan (56 th), salah seorang petugas penyapu jalan di sepanjang jalan simpang Frengky Batam Centre menuju BNI Sungai Panas mengucapkan terima kasih atas perhatian dan para dermawan melalui acara sahur bersama dan pemberian sembako kepada masing-masing petugas. Lebih lanjut penyapu jalan yang sudah menjalani tugas mulia selama 12 tahun tersebut dengan lantang menyatakan siap mendukung kebersihan Batam terutama di wilayah yang ditugaskan kepadanya serta wilayah tempatnya tinggal di daerah Dapur 12, Sagulung, ujarnya terbata-bata.

Kasubbag Dokumentasi Bagian Humas Pemko Batam, Rudi Panjaitan, SSTP, M.Si, yang hadir bersama Kasatpol PP Kota Batam setelah melakukan Razia jam tutup operasi hiburan malam beberapa jam sebelumnya, mengatakan banyak orang yang memiliki indera dengan baik secara fisik akan tetapi kurang berfungsi dari sisi sensitivitas sosial, sehingga banyak kaum termarginalkan dalam kekurang mampuan mereka. Untuk itu, kegiatan-kegiatan sejenis dengan berbagai daya tariknya masing-masing, akan kita upayakan kedepannya sehingga hubungan yang harmonis antar seluruh elemen masyarakat Kota Batam dapat terpelihara dengan baik dengan melibatkan banyak pihak, tutupnya.   (*titan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: