MELIHAT DARI DEKAT KEHIDUPAN ORANG PULAU DI SEKITAR BATAM

Pulau PEMPING : Adalah sebuah kelaziman yang dilaksanakan Pemko Batam setiap Bulan Suci Ramadhan menghampiri warganya di setiap Kecamatan dengan mengemas satu kegiatan sosial agamis dengan sebutan Safari Ramadhan. Kegiatan ini dijadikan ajang silaturahmi dalam bulan Suci bagi umat Islam tersebut. Bagi masyarakat yang dikunjungi, kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan secara langsung permasalahn aktual yang sedang dihadapi.

Sementara buat rombongan Walikota Batam, hal ini sebagai sambung rasa melihat secara dekat kondisi masyarakat serta mencarikan solusi prospektif terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat tersebut.
Pada hari kedua Ramadhan 1429 H, jadwal Walikota Batam beserta rombongan menuju salah satu pulau terluar berpenghuni yaitu Pulau Pemping. Kedatangan rombongan Walikota Batam di Pulau Pemping disambut dengan kondisi pelantar beton di pulau tersebut yang masih menggantung dan belum menyentuh sampai daratan Pemping. Kedepannya, hal ini sudah tentu menjadi pekerjaan rumah tambahan bagi Dinas PU maupun Perhubungan disela-sela acara Safari ramadhan tersebut untuk segera dituntaskan.
Pulau yang termasuk sebagai wilayah terluar dan berbatasan dengan Singapura yang dikenal sebagai tempat asal grup musik Dzikir Barat tersebut, dalam laporan Sekcam Nasrun, SPd selaku tuan rumah dan mewakili Camat Belakang Padang yang pada saat bersamaan mendampingi Wakil Walikota Batam di Pulau Kasu, menyampaikan saat ini Keluarahan pemping berpenduduk 2.017 jiwa dengan jumlah KK mencapai 300 KK yang terbagi dalam 5 RT dan 2 RW yang tersebar di 5 pulau berpenghuni, terangnya seraya menyambut kedatangan rombongan Wako Batam.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Pemping, dengan sapaan ala Dzikir Barat di beberapa kali kesempatan acara dan perhelatan yang mengundang grup musik tersebut baik berupa pantun sindiran dan pesan moral sebagai ciri khas dari grup musik asal pemping tersebut, mengatakan bahwa pembangunan yang begitu pesat di Batam harusnya dinikmati juga oleh masyarakat di pulau-pulau sekitar Batam termasuk Pulau Pemping.

Untuk itu, Pemko Batam telah dan akan mempejuangkan pemerataan pembangunan tersebut dengan intervensi terhadap proses pembangunan tersebut seperti sektor pendidikan jika memungkinkan akan direncanakan pembangunan SMP di pulau tersebut, atau bantuan bagi para pelajar SD, SMP maupun SMA yang sekolah di pulau Kasu maupun Belakang Padang sebagai ganti uang sewa rumah siswa tersebut atau dengan memanfaatkan asrama siswa yang sudah dibangun, lanjutnya lagi.

Bahkan saat ini Pemko Batam sudah menyekolahkan anak-anak hinterland di Perguruan Tinggi yang ada di Batam, Jakarta dan bahkan luar negeri Malaysia sehingga dengan kualitas SDM yang memadai maka otomatis pembangunan di wilayah hinterland dapat dipicu dan dipacu oleh anak tempatan yang memiliki komitmen dan keahlian yang dapat diandalkan kelak, terang Dahlan dalam sambutannya sebelum buka puasa bersama warga setempat.

Disela-sela acara Safari Ramadhan tersebut, warga yang mengeluhkan transportasi laut dengan kenaikan harga BBM akhir-akhir ini yang sangat menukik tajam, mendapat alternatif baru dan terjangkau dari Walikota dengan rencana pengoperasian atau penambahan rute kapal perintis yang menyinggahi pulau tersebut.

Hadir juga dalam kegiatan Safari ramadhan tersebut, Dandim 0316/ Batam, Letkol Ahadi Martanto, Asisten Pemerintahan, Asyari Abbas, Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail serta Kepala Badan, Dinas dan Kantor dilingkungan Pemko Batam. Kegiatan Safari Ramadhan Walikota Batam tersebut diakhiri dengan buka puasa bersama di Mesjid Al Ikhlas yang bersebelahan dengan Kantor Lurah Pemping tersebut. (*titan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: