SUDAH LAYAKKAH ANDA DISEBUT PELAKU DEMOKRASI?

Lumpur Lapindo juga dampak dari Demokrasi

“…begitu juga penduduk yang pindah supaya melaporkan kepindahannya kepada petugas pendaftar, sehingga data pemilih up-to date di wilayahnya masing-masing.”

*Membedah berbagai Persiapan Menjelang Pemilu Legislatif *

BATAM : Perhelatan pesta demokrasi yang paling akbar di tanah air akan digelar pada bulan April 2009 yang akan datang. Sebelum masuk pada pelaksanaan Pemilu di kuarter pertama tahun depan tersebut sudah barang tentu masa menjelang tanggal yang di ‘keramatkan’ tersebut telah dibumbui dengan berbagai persiapan-persiapan yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu yang di komandoi oleh lembaga independen yang lazim disebut KPU.

Merujuk pada produk hukum Nasional yang tertuang dalam Keputusan KPU No. 9 Tahun 2008 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2009, jadwal pelaksanaan tahapan Pemilu sudah memasuki tahapan penyusunan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) setelah 4 rangkaian tahapan pendaftaran pemilih telah dilalui mulai tanggal 5 April tahun 2008 Penyerahan Data Kependudukan, kemudian Pemuktahiran Data Pemilih 6 April – 6 Juli 2008, dilanjutkan dengan Penyusunan dan Pengesahan DPS 7 Juli 7 Agustus 2008 dan Pengumuman DPS 8 -14 Agustus 2008 dan saat ini sedang berlangsung Penyusunan dan Penetapan DPT 11 – 30 September 2008 yang kesemua rangkaian tersebut masuk dalam kategori pendaftaran pemilih. Kategori lainnya seperti tahap pencalonan baik di tingkat Partai PolItik, DPR/ DPRD maupun DPD, tahap kampanye telah berlangsung dan sebagian akan segera menyusul.

Tahap yang ditunggu-tunggu yaitu tahap pemungutan suara dan penghitungan suara serta tahap penetapan hasil masih terlalu dini untuk dibicarakan.
Sebagaimana judul yang diangkat diatas, indikator yang paling mendekati sehingga kita berhak menyandang gelar pelaku demokrasi adalah hal yang penting dan krusial untuk dilempar kepada seluruh calon pemilih yang hak nya dilindungi oleh Undang-undang.
Salah satu indikator kedewasaan demokrasi di Batam secara khusus telah diangkat oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan sebagai Kepala Daerah dengan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) ke kantor Lurah Tanjung Pinggir dimana beliau tinggal di Jalan Kapten Pierre Tandean No. 1 Tanjung Pinggir Sekupang.

Sebagaimana kita ketahui, batas akhir penyusunan dan penetapan DPT secara Nasional jatuh pada tanggal 30 September 2008, maka mumpung masih ada waktu untuk melakukan cross-check data, bagi warga Batam yang masih belum terdata untuk segera mendaftarkan diri ke Kantor kelurahan setempat sehingga data yang dikeluarkan KPU Batam nantinya benar-benar valid sesuai dengan tempat tinggal yang bersangkutan.

Dari beberapa warga yang dilakukan pencocokan dan penelitian langsung oleh Walikota Batam, diketahui ada warga yang telah pindah, akan tetapi masih terdaftar di DPS Kelurahan Tanjung Pinggir. Untuk itu kalau lah ini cerminan data pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya nanti, maka permasalahan yang sama sebagaimana muncul dalam pesta demokrasi sebelumnya dimana ada pemilih yang tidak mendapatkan kartu pemilih atau didropnya kartu pemilih tidak bertuan karena tidak ada nama yang bersangkutan di wilayah tersebut, kemungkinan akan terjadi lagi.
Untuk itu, selaku warga yang masih diberi kesempatan untuk meraih gelar pelaku demokrasi, waktu bagi kita masih diberikan, fasilitas pun sudah disediakan dengan mendatangi kantor kelurahan setempat.

Lakukan cross-check data diri masing-masing pemilih, apakah sudah terdaftar di DPS atau belum. Kalau belum terdaftar supaya segera mendaftarkan diri di kantor lurah dimana tinggalnya masing-masing. Begitu juga penduduk yang pindah supaya melaporkan kepindahannya supaya petugas pendaftar dapat melakukan up-to date data pemilih di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian kita baru masuk salah satu kandidat pelaku demokrasi. Nah, demokrasi sejati baru kita jumpai disaat diri kita sendiri berani mengatakan yang sejujurnya dan semua tindakan kita tidak terlepas dari nilai-nilai kejujuran tersebut (*titan)

— Oleh : Rudi TH Panjaitan, SSTP, M.Si

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: