PERWAKO BATAM TELAH AKOMODIR SEMUA PIHAK

*Masih Dilanggar Juga, Tindak Tegas Pelakunya*

Selayaknya ditindak tegas

BATAM : Kumandang shalat tarawih di hampir seluruh Masjid di Batam pada malam pertama bulan puasa 1429 H masih terdengar jelas ditengah apel persiapan Tim Terpadu Kota Batam yang dipimpin langsung oleh KASATPOL PP Kota Batam.Tim penertiban tutup buka hiburan malam yang untuk pertama kalinya turun melaksanakan amanat PERWAKO Batam khususnya bidang pengawasan terhadap usaha kepariwisataan pada malam pertama memasuki Bulan Suci Ramadhan 1429 H hari senin (01/09/08) sesaat sebelum melaksanakan tugasnya.

Tim yang beranggotakan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Poltabes Barelang, Lanal Batam, Kodim 0316 serta sekitar 14 ormas Islam yang ada di Kota Batam turun pada malam pertama Ramadhan sekitar pukul 19.30 wib yang diawali dengan penyebaran intel Satuan Polisi Pamong Praja sebelum tim turun ke lapangan.

Sekitar pukul 20.45 wib, Tim yang dipimpin langsung Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Drs Azman, MP tersebut langsung melakukan razia di bilangan Baloi dan ditemukan Satellite Ozon KTV sudah membuka kegiatan usahanya. Terlihat sekitar 6 orang pengunjung telah duduk di sofa tamu sambil mendengar dentuman musik full power serta interaksi para pramusaji yang akan memberikan menu layanan kepada pengunjung.

Seketika aktivitas mereka terhenti melihat tim terpadu langsung masuk dan menanyakan perihal aktivitas KTV tersebut. Karyawan jasa hiburan yang termasuk dalam obyek yang diatur dalam Perwako Nomor 25 Tahun 2008 tentang waktu penyelenggaraan usaha Kepariwisataan tersebut tidak menyangka tempat usaha mereka akan ditemukan dengan pelanggaran tersebut.

Salah satu perwakilan dari ormas Islam kelihatan langsung mencak-mencak dengan aktivitas KTV yang sama sekali tidak menghormati umat Islam yang saat ini sedang melaksanakan tarawih, sementara bunyi musik yang berasal dari KTV tersebut cukup berisik keluar dan bahkan sampai ke pemukiman sebelah yang notabene adalah kawasan penduduk yang sedang melaksanakan tarawih, katanya dengan penuh semangat.

H. Marzuki, SE, MM, Kepala Bidang Obyek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam yang turun langsung di lokasi mengemukakan, hal yang lebih prinsip adalah pelanggaran yang dilakukan oleh manajemen Satellite Ozon dengan membuka kegiatan usahanya diluar waktu yang dibolehkan sesuai dengan Perwako. Untuk itu, Dinas Pariwisata bersama tim telah menindak tegas pelaku usaha Pariwisata tersebut dengan memberikan surat teguran serta melakukan penyegelan terhadap usaha hiburan malam tersebut.

Saat ini, memang manajemen Satellite Ozon KTV telah melakukan permohonan perpanjangan ijin usahanya di Dinas Pariwisata, dengan pelanggaran yang sangat prinsipil tersebut maka Dinas pariwisata tidak akan memberikan rekomendasi terkait ijin yang bersangkutan dan bahkan memblacklist perusahaan yang bersangkutan, tegasnya di saat rapat evaluasi pelaksanaan razia di Mako Satpol PP Kota Batam.

Kasubbag Dokumentasi Bagian Humas Pemko Batam, Rudi Panjaitan, SSTP, M.Si, yang turun langsung bersam tim mengatakan, PERWAKO Batam tentang waktu penyelenggaraan usaha kepariwisataan tersebut merupakan aspirasi semua pihak dengan melibatkan Muspida Kota Batam, para pelaku usaha kepariwisataan di Kota Batam serta ormas-ormas Islam. Untuk itu, kebijakan ini harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab oleh semua pihak dan bagi yang melanggar, tidak ada kata toleransi, akan ditindak tegas sesuai dengan aturan karena pemberitahuan secara langsung, sosialisasi bahkan pengumuman melalui media juga sudah diambil sehingga setiap orang mengetahuinya, tegasnya.
Lebih lanjut, Rudi mengatakan dengan pelanggaran tersebut, maka Tim akan kita diintensifkan secara optimal. Tidak hanya mengawasi jam-jam buka saja akan tetapi jam tutup juga akan kita awasi secara berlapis sesuai dengan amanat PERWAKO tersebut dan bahkan Satpol PP Kota Batam akan menyiapkan menu sahur bersama bagi tim penertiban yang turun apabila pengawasan dilakukan sampai subuh, tutupnya. (*titan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: