1 LAGI LISTRIK PERDESAAN UNTUK MASYARAKAT HINTERLAND

(Batam : 27/08/08) Pemberdayaan masyarakat hinterland menjadi salah satu skala prioritas pembangunan Kota Batam yang dicanangkan Pemko Batam baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Salah satu program pemberdayaan masyarakat Kota Batam pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, Dan UKM Kota Batam adalah menyiapkan sarana listrik perdesaan yang diperuntukkan bagi masyarakat di daerah hinterland.

Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2001. hingga kini, pemerintah kota batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan UKM Kota Batam telah mengadakan mesin genset yang tersebar pada 15 (lima belas) titik di 10 (sepuluh) kelurahan yang keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah hinterland.

Ali misalnya anak yang masih duduk di bangku SD di Pulau Geranting ini sangat merasakan manfaat pengoperasian genset di desanya, sebelumnya anak kedua dari tiga bersaudara ini memaksakan diri mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan gurunya pada siang hari karena malam harinya tidak ada penerangan dirumahnya. Akan tetapi setelah adanya listrik perdesaan, Ali dan anak-anak lainnya dapat beraktivitas (belajar dan membaca) di malam hari. Lebih prospek ekonomis lagi, kaum ibu-ibu yang memiliki kemampuan dalam usaha home industri dapat mengembangkannya.

Kepala Dinas Peemberdayaan Masyarakat, Pasar dan UKM Kota Batam, H. Febrialin, SE,M.Si, menyampaikan, tahun ini, giliran Kampung Tanjung Gundap yang mendapat kesempatan untuk memiliki genset sendiri yang pengoperasiannya langsung dikelola oleh Koperasi Usaha Bersatu yang telah terbentuk sebelumnya di kampung ini.
Dengan kapasitas sebesar 65 KVA, jumlah rumah tangga yang teraliri listrik di Tanjung Gundap sebanyak 98 rumah tangga dengan masing-masing rumah tangga mendapat aliran listrik sebesar 4 Amphere, ditambah pemasangan titik jaringan kerumah-rumah.
Selain Pemasangan 1 (Satu) Unit Mesin Genset Di Tanjung Gundap Kel. Tembesi Ini Di Dalamnya Termasuk Pemasangan Jaringan Listrik Sebanyak 27 Tiang Sekaligus Instalasi Di Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang Untuk SLTP N 18 Sembulang.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan, disela-sela pemberian bea siswa untuk siswa Hinterland di lantai 4 Kantor Walikota mengatakan, Pemko Batam tetap komit melakukan intervensi dalam pembangunan wilayah hinterland secara bertahap dan berkesinambungan. Salah satunya dengan pengadaan listrik perdesaan ini yang sangat membantu warga dalam meningkatkan taraf hidupnya, perekonomian, pendidikan, melalui aktifitas yang memanfaatkan sarana listrik tersebut.

Kasubbag Dokumentasi Bagian Humas Pemko Batam. Rudi TH Panjaitan, S.STP, M.Si mengatakan, untuk pengadaan genset tahun anggaran 2008 ini dipercayakan kepada Cv. Mustika Raja dengan total anggaran sebesar Rp. 542.929.000,00 (Lima Ratus Empat Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Rupiah). Alhamdulillah, Sampai saat ini masyarakat di kampung Tanjung Gundap Dan SLTP N 18 Sembulang dapat merasakan manfaatnya, katanya di ruang kerjanya. *).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: